Sabtu, 20 Desember 2008

Global Warming Mungkin Sebuah Siklus

. Sabtu, 20 Desember 2008

Tahu kah qm proses pendinginan dan pemanasan global telah terjadi sejak dulu. Seandainya global warming itu merupakan kejadian alam biasa (hanya sebuah siklus panjang), seperti yang terlihat disebelah kiri ini. Maka kita (manusia) harus mempersiapkan segala sesuatu demi menghadapi pemanasan global ini. Persiapan menghadapi pemanasan global ini mirip kalau akan menghadapi musim tahunan saja. Tetapi kali ini kita menghadapi perubahan iklim yang siklusnya mungkin ribuan tahun, jutaan tahun. bukanlah siklus satu tahunan saja.
Gambar fluktuasi muka air laut di samping, merupakan salah satu manifestasi dari global warming-cooling yang terekspressi pada naik-turunnya muka air laut. Perhatikan bahwa sepanjang hidupnya tinggi muka air laut lebih sering lebih tinggi dari ketinggiannya saat ini.

Lalu apa kita bisa mencegahnya ? Pertanyaan itu lah yang sekarang banyak menghantui umat seisi bumi. Pikiran pertama mereka adalah "Kita harus menekan tingkat emisi gas carbon di atmosfir". Karena hal itu setiap usaha riil (fisik) serta olah otak , akan ditargetkan dalam menghadapi global warming hanyalah ke arah pengurangan emisi saja. Apakah itu cukup? Global warming bukan untuk dikurangi, dicegah, atau bahkan distop. Tetapi global warming ini harus diantisipasu bagaimana menghadapinya. Lebih tepatnya kita harus me-mitigasi global warming ini, mirip seperti melakukan mitigasi untuk sebuah gempa. Kita tidak mungkin mencegahnya walaupun kita meneliti dan menganalisanya, bahkan mencoba meramalkannya.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Recent Comments


 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com